Digital marketing begitu penting bagi para entrepreneur khususnya entrepreneur muda. Dikatakan penting karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era disrupsi ini menjadi hal yang harus dan wajib dilakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran di dunia kewirausahaan. Selain itu, di era pandemi Covid-19 saat ini semakin mengakselerasi betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan karena ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan maka media digital merupakan satu-satunya solusi dalam masa pandemi ini sehingga terbuka peluang kesempatan bagi wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital. Digital marketing adalah suatu bentuk usaha dalam mempromosikan dan memasarkan sebuah produk atau merek dengan menggunakan media digital, seperti internet.
“The internet and digital technologies are transforming
our world. Digital technology has to be our future.” – Jean Claude
Juncker.
Peran internet dan
teknologi digital telah mengubah dunia saat ini. Semula beberapa media konvensional
dianggap tidak mutakhir, namun seiring dengan perkembangan zaman, internet dan
teknologi digital telah menguasai dunia bahkan mengubah pola perilaku konsumen.
Hal ini dapat ditangkap menjadi sebuah peluang oleh pemilik bisnis atau
entrepreneur digital, dimana entrepreneur tersebut harus bisa memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen. Digital
marketing merupakan sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen
sehingga kita tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia
wirausaha. Jika kita ingin menguasai masa depan, maka kita harus menguasai yang
namanya digital teknologi. Seperti teori Darwin, mengatakan bahwa “sebenarnya
manusia yang berhasil, sukses, dan bisa memenangkan sebuah pertempuran itu
adalah bukan orang-orang yang paling kuat bukan pula orang-orang yang paling
besar namun ia adalah orang yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan.”
Maka banyaknya perubahan harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada
termasuk dengan digital teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.
Ada beberapa data yang dapat membuktikan bahwa
digital marketing sangat penting.
Pada tahun 2019 dan 2020 populasi di Indonesia sebanyak 268,2 juta orang
kemudian bertambah sebanyak 2,9 juta orang. Dari data tahun 2019, 150 juta
orang diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap pengguna internet dan
bertambah menjadi 17% atau 25 juta orang dalam satu tahun. Selanjutnya
keseluruhan dari pengguna internet sudah mengakses atau aktif menggunakan
sosial media menggunakan mobile phone sebanyak 130 juta orang. Hal tersebut
juga mengalami pertambahan sebanyak yang artinya smartphone bukan lagi menjadi barang mewah dan setiap smartphone sudah pasti ada media sosial
didalamnya. Pertumbuhan penggunaan smartphone
yang akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial tumbuh
sangat cepat dibandingkan dengan tumbuhnya jumlah populasi penduduk.
Baca juga : https://www.duniakampus40.net/
Dalam hal ini
terlihat bahwa muncul satu pola baru dalam konsumen bahwa kita harus
mempertimbangkan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran. Salah
satu caranya yaitu advertising ditempatkan pada media digital seperti pada
media sosial. Orang
rata rata membuka sosial media bisa sekitar 3 setengah jam perhari bahkan
mungkin lebih panjang dari itu. Kenyataan bahwa saat ini pandemi Covid - 19 ini
telah mengakselerasi pengguna media digital ketika kita semua dibatasi
mobilitas untuk keluar rumah, dan menjalan aktivitas dirumah maka semakin
banyak menghabiskan untuk mengakses internet dan media sosial. Maka ini menjadi
peluang yang besar bagi entrepreneur untuk menggunakan media digital sebagai
media promosi atau pemasarannya.
Sosial media yang
paling banyak digemari oleh orang yaitu Youtube,
WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, Twitter, FB Messenger dan sebagainya.
Hal ini perlu dilakukan rating agar menjadi suatu wawasan baru atau informasi
bagi para pelaku usaha. Setikdaknya para pelaku usaha mampu mempertimbangkan
cara memasang sebuah iklan melalui media sosial karena media sosial tersebut
yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna media sosial. Hal ini mungkin bisa kita
refleksikan kediri kita sendiri sebenarnya di handphone kita ada media sosial
apa saja yang sering kita buka, Dengan demikian, dapat menjadi pertimbangan
bagi pemasar untuk platform iklan atau aktif bersosial media sebagai media
promosi atau pemasarannya
Selain itu, ada juga
beberapa fenomena yang menjadi pertimbangan mengapa wirausahawan muda perlu
memandang penting untuk aktif dalam merancang sebuah strategi dalam konteks digital marketing. Berikut adalah
tahapan dalam SOSTAC yang terdiri dari enam yaitu Analisis situasi, tujuan,
strategi, taktik, aksi dan kontrol. Pertama, Analisis situasi. Bertujuan untuk
menganalisis situasi dari proses pemasaran yang terjad pada perusahaan saat ini
dan juga mengetahui posisi usaha yang sedang diajalankan. Kedua, tujuan.
Objektif atau tujuan seperti apa yang akan dicapai. Ketiga, strategi. Hal ini
bagaimana kita merealisasikan semua tujuan yang telah dirancang. Keempat,
taktik. Serangkaian langkah-langkah yang kita lakukan untuk mencapai tujuan.
Kelima, aksi. tindakan kita dalam menjalankan taktik yang telah direncanakan.
Tahap terakhir, kontrol. Tahapan untuk memeriksa atau mengevaluasi dari semua
tahap sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar